Your job is not your career

11 Maret 2013


Saya pernah membaca judul sebuah buku seperti judul pada blog ini, saya tidak sempat membaca ke dalam halaman2 selanjutnya, akan tetapi saya bisa memahami apa yang menjadi maksud dari  judul tersebut. Judul ini sepertinya membawa sebuah pemaparan yang mengarah kepada diri saya sendiri....makanya saya terTarik untuk membahas judul tersebut.

Pekerjaanmu bukanlah karirmu......hal ini pernah diutarakan oleh salah seorang adik dari orangtua saya...pekerjaan yang dijalankan sekarang jadikanlah sebagai sebuah prestise saja, tempat kita mencari uang lebih terbentang luas di luar sana. Pekerjaan hanya menjadi status, dan tempat mencari uang jangan di tempat kita bekerja...karena rata2, orang yang bekerja hanya mengharapkan gaji rutin secara bulanan, sehingga....kalau kita mau kaya dari hasil bekerja di sebuah perusahaan, maka kita harus mencari jalan yang terkadang mengarah kepada hal2 yang akan melawan hukum.

Saya saat ini bekerja di sebuah perusahaan lokal yang cukup bagus dan dipandang sebagai pegawai yang mapan....akan tetapi saya berpikir bahwa tempat saya bekerja sekarang bukanlah pekerjaan yang akan menunjang karir saya, saya mungkin bisa menjadi pejabat di kantor ini, tapi dari beberapa diskusi yang saya lakukan dengan beberapa orang, termasuk orang tua saya...jabatan itu hanya sebuah titipan, kalau kita tidak bisa mempertanggungjawabkan jabatan yang kita emban, maka ....bukan manfaat yang akan kita terima akan tetapi kemudharatan. Makanya saya sudah mulai bertekad untuk tidak mengejar hal yang akan secara tidak langsung memberikan kemudharatan kepada saya.

Saya lebih suka dengan keleluasaan saya melakukan pekerjaan saat ini, tidak punya beban dan lebih mengarah kepada hobi yang selama ini saya tekuni yaitu "sosial"....karena saya bisa membantu konsumen saya untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam menjalankan usahanya, sebuah jalan yang bisa menambah khasanah pemikiran saya terkait dengan karakter2 orang diluar sana.

Saya mencoba beraktifitas di beberapa organisasi kemanusiaan di luar sana, mulai dari palang merah, organisasi kepemudaan sampai dengan organisasi pemerhati hiv/aids...itu semua menjadi sebuah pelampiasan saya dalam mengejar manfaat lain bagi hidup saya.

Saya bertekad "Saya akan sukses jika saya bisa berguna bagi orang lain" , hanya itu parameter kesuksesan yang saya tanamkan di diri saya. Orang yang berlimpah harta belum bisa saya dikategorikan sebagai orang sukses, orang yang memiliki karir cemerlang di perusahaannya juga tidak menjadi sebuah pembuktian sehuah kesuksesan. Akan tetapi, orang yang bisa membangun panti asuhan, membuat rumah sakit, membuat rumah murah, memberikan lapangan pekerjaan, memberikan seluruh harta bendanya di jalan kemanusiaan....itulah orang yang benar2 sukses.

Kaya, hanya sebuah alat untuk bisa menuju kesuksesan yang saya maksud, karena....jika saya kaya, saya bisa membantu orang2 diluar sana lebih banyak lagi dibandingkan jika saya hanya memiliki harta yang tidak terlalu banyak. Sehingga kita akan melandasi semangat mencari uang dengan semangat berbagi kepada yang lain....kalau hal ini kita terapkan, saya pikir...akan banyak orang2 kaya yang mau mendermakan kekayaannya bagi orang lain.

Karir saya bukan di perusahaan ini, tapi diluar sana.......

Carilah karir anda yang sesungguhnya...........................

0 komentar:

Posting Komentar