Lingkar jalanan (sebuah persembahan untuk masa depan anak bangsa)

20 Juli 2008

Anak jalanan di Kota Padang saat ini telah mulai menjadi polemik yang susah untuk ditangani oleh pemerintah. Ini bisa dilihat dari beberapa kebijakan pemerintah yang tidak mendidik dan terlihat hanya berorientasi kepada tuntutan tugas saja.

Di RTH Imam Bonjol saat ini ada beberapa komunitas yang berkumpul dan melakukan kegiatan secara bersama. Kalo pagi, ada beberapa pedagang kaki lima yang menjajakan jualannya di jalan setapak dalam taman, agak siang mulai bermunculan para pedagang asongan dan anak- anak jalanan yang berprofesi sebagai pengamen atau pengumpul barang bekas, kemudian di malam hari muncul komunitas yang sangat berbeda dari beberapa komunitas tadi yaitu komunitas penjaja seks dari kalangan gay (untuk yang satu ini biasanya dilakukan secara sembunyi-sembunyi). Selain itu, pada siang hari berbarengan dengan munculnya anak-anak jalanan juga bermunculan Satpol PP yang menjalankan tugas untuk merazia anak-anak tersebut.

Dari gambaran tersebut, Lingkar jalanan yang merupakan sebuah Organisasi yang mencoba konsen dengan kehidupan jalanan melakukan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk membina dan membentuk karakter anak-anak yang beraktifitas dijalanan supaya lebih terarah dan mempunyaitanggung jawab, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.


Kegiatan yang saat ini telah dilakukan seperti memberikan pelajaran baca tulis, berhitung, baca tulis Al-Qur'an, pembinaan mental, pembangunan karakter dan beberapa materi lain. Lingkar Jalanan mencoba dengan kegiatan kecil ini bisa memberikan dampak yang besar bagi masa depan mereka. Karena jika sewaktu kecil mereka talah merasakan pahitnya kehidupan jalanan yang berpotensi untuk tindak kejahatan seperti copet, jambret, dan lain-lain, tidak tertutup kemungkinan di masa yang akan datang mereka pulalah yang akan menjadi cikal bakal pelaku-pelaku tindak kriminal di Kota Padang.

Gambar diatas memperlihatkan beberapa kawan-kawan Lingkar Jalanan yang membangun kekuatan bersama untuk menciptakan sistem-sistem yang bertujuan untuk membangun mental dan melakukan pembinaan bagi anak-anak jalanan di RTH Imam Bonjol.


3 komentar:

relawan imam bonjol mengatakan...

"pemuda hari ini, pemimpin untuk hari esok" Berikan kepada ku sepuluh orang pemuda maka akan aku goncangkan bumi ini" demikianlah kata orang bijak . niat dan ide cemerlang dan tugas suci merupakan penerang yang sudah lama cahaya itu tak bersinar lagi. salam jalanan.CS. Volunteer

relawan imam bonjol mengatakan...

tenang deh bang rifka. kami kan selalu mendukung niat suci abang. selagi masih bisa menghirup nafas, kita emang harus berkarya untuk kampung kita. tapi sekarang kami istirahat dulu bang karena ada pertempuran yang lebih hebat yang harus kami lalui bang...he.he..maksudnya kami lagi ujian bang. setelah itu kita bakal nyusun strategi jitu lagi bang. . OK.....

avartara mengatakan...

Selamat Pak,... selagi orang-orang masih dalam tahap omong doank,...dirimu telah melakukan kegiatan,... malu diriku sebagai pemuda

Posting Komentar