HIV/AIDS berpotensi besar untuk SUMBAR

13 Juli 2008

Dari hasil data yang dimiliki oleh Lantera Minang Kabau yang merupakan salah satu LSM yang konsen dalam program pemutusan rantai penularan HIV/AIDS di SUMBAR, dari bulan ke bulan terjadi peningkatan status dari pengidap HIV menjadi AIDS selain itu kasus-kasus baru pun bertambah seiring banyaknya kawan-kawan positif yang terdeteksi melalui beberapa penangangan medik.

Hasil pantauan LMK (Lantera MinangKabau) dari kegiatan budy list yang bertujuan untuk mengunjungi beberapa kawan-kawan yang positif HIV didapatkan keterangan bahwa faktor resiko untuk penyebaran virus ini masih mendominasi di beberapa prilaku. Untuk SUMBAR kasus terbanyak didominasi oleh prilaku resiko dari pengguna narkoba suntik atau Injection Drugs User yang biasa didapat dari komunitas mahasiswa, setelah itu barulah dari faktor resiko hubungan Homoseks dan Heteroseksual yang tidak save.

SUMBAR yang memiliki banyak Perguruan tinggi bisa dikatakan belum bersih dengan penyalah gunaan narkoba, hal ini didapat dari beberapa informasi yang LMK dapatkan dari program Outreach ke beberapa komunitas IDU di beberapa kampus di SUMBAR.

Oleh karena itu, sudah sepantasnyalah semua elemen yang merupakan stakeholder untuk program pemutus rantai HIV/AIDS bisa berangkulan tangan untuk menyelamatkan slogan dan falsafah yang ada di SUMBAR yang sampai saat ini masih didengungkan oleh pemuka-pemuka masyarakat.




1 komentar:

avartara mengatakan...

Selamat datang di blogsphere my pren,.... tetap semangat,...biarkan kata yg berbicara :)

Posting Komentar